Proses Elektroplating Stainless Steel dengan Logam Pelapis Tembaga Cu

Hai sahabat Kredibel Media, kali ini admin akan berbagi informasi tentang bagaimana proses atau urutan dalam pelapisan logam stainless steel menggunakan bahan pelapis tembaga. Komposisi pada larutan ini bisa jadi berbeda dengan standar yang digunakan di tempat lain. Takaran ini hanya digunakan sebagai referensi dan acuan secara umum. Yuk simak

1. Hot Degreasing

Hot degreasing merupakan tahap pertama yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan kontaminan yang menempel pada gasket menggunakan larutan alkali. Beberapa contoh kotoran yang mungkin menempel pada gasket metal bergelombang yaitu oli atau lemak, debu, dan collant. Kotoran ini jika tidak dibersihkan akan menyebabkan terganggunya proses pengendapan material pelapis. Pada tahap ini benda direndam dalam larutan KOH karena hasil reaksi dengan pengotor berupa sabun kalium yang sifatnya lunak (ROOCK). Kadar KOH yang digunakan dalam proses ini ialah 56 g/L. gasket direndam dalam larutan ini selama 20 menit pada suhu kurang lebih 60°C untuk mempercepat reksi pembersihan. Tahap ini dilanjutkan dengan pencelupan pada air bersih (water rinsing) untuk melarutkan sisa gliserol selama 1 menit. 

2. Pickling 

Pickling dilakukan dengan cara merendam gasket pada larutan asam klorida (HCl) dengan kadar 20% selama 20 menit. Pencelupan ini bertujuan untuk menghilangkan karat atau oksida pada permukaan gasket. Proses ini kemudian dilanjutkan dengan pembilasan menggunakan air bersih selama 1 menit. 

3. Activating 

Aktivasi dilakukan dengan cara merendam gasket menggunakan 30% larutan asam sulfat (H2SO4) dengan keasaman pH 4 selama 15 detik. Tujuan dari pencelupan ini yaitu untuk mengaktifkan ion pada permukaan stainless steel dan menyamakan PH dengan larutan nickle strike. Pada tahap ini tidak dilakukan pembilasan. 

4. Nickle Strike

Tahap yang selanjutnya yaitu nickel strike plating. Proses ini bertujuan untuk menciptakan lapisan dasar pada permukaan SUS 304. Nickel strike plating dilakukan dengan cara mencelupkan gasket SUS 304 ke dalam larutan nikel klorida (NiCl26H2O) 240-300 g/l dengan asam klorida (HCl) 70-82 g/l selama 2 menit anodic dan 1,5 menit cathodic. Tahap selanjutnya dilakukan dengan cara membilas menggunakan air bersih selama 1 menit.  

5. Shiny Copper Plating

Setelah dilakukan pembilasan, gasket SUS 304 siap untuk dilapisi dengan tembaga. Proses pelapisan dengan cara merendam gasket SUS 304 pada larutan elektrolit dengan komposisi CuSO45H2O 200-250 gram/liter, H2SO4 45-90 gram/liter dan cupronas Cu 195 dengan konsentrasi 4 ml/l. Proses pelapisan menggunakan tegangan 4V dengan besar arus 7A. Lama waktu pelapisan disesuaikan dengan ketebalan yang dibutuhkan. Proses ini dilanjutkan dengan cara membilas gasket menggunakan air bersih selama 30 detik.  

6. Product Drying 

Tahap terakhir adalah pengeringan gasket dengan hotgun.




Comments

Popular posts from this blog

Defect atau Cacat pada Hasil Elektroplating

Pengertian dan Proses Elektroplating Lengkap

Macam-macam Korosi yang terjadi pada Logam Tembaga